Skip to Content

Category : Psikologi Populer

Artikel dan Pelajaran psikologi

Hoarding disorder , Kebiasaan

Kamu suka mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai? Sebagian dari kita mungkin sering melakukan hal tersebut. Alasannya beragam, mulai dari merasa sayang deng...

Quater Life Crisis, Ketakutan yang Munc

Takut tambah dewasa, Takut aku kecewa, Takut tak seindah yang kukira Potongan lirik lagu tersebut mungkin cocok untuk mendeskripsikan seseorang yang tengah mengalami quar...

Inner Child yang Terluka, Apa Penyebabnya?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata inner child di media sosial atau platform lainnya. Berbagai webinar pun bermunculan dengan tema tersebut, contohnya healing the...

Prolonged Grief Disorder, Gangguan Mental yang

Kehilangan orang terdekat bisa menimbulkan luka bagi siapa pun. Rasa sedih dan kehilangan yang dirasakan pun bisa bertahan selama beberapa waktu. Namun tahukah kamu jika ...

Love Language, Mengapa Penting untuk Dipahami?

Love language atau bahasa cinta adalah cara seseorang untuk mengekspresikan rasa cinta atau kasih sayangnya ke orang lain. Sedangkan menurut Dr. Gary Chapman, penulis buk...

Mengenal Insecure dan Gejala yang Dimiliki

Keadaan tertentu atau situasi baru yang terasa asing bagi seseorang bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Perasaan cemas, ragu, tidak merasa aman, serta kurang percay...

Sering Mengalami Overthinking? Ini Cara Mengata

Apakah kamu sering memikirkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan di masa lalu? Atau berandai-andai bisa mengubah keputusan yang pernah kamu ambil? Sebagian dari kita mung...

Mengenal Dampak Psikologis Bullying. Ternyata P

Akhir-akhir ini masyarakat mulai sadar akan buruknya dampak bullying. Tidak hanya menyebabkan luka secara fisik, perundungan juga meninggalkan luka psikologis bagi korban...

7 Penyebab Kenapa Banyak Anak Muda Sulit Banget

Apakah kamu merasa mudah berpindah-pindah konsentrasi, dari satu hal ke hal yang lainnya? Rasanya susah sekali untuk fokus pada satu hal yang semestinya dikerjakan karena...

10 tanda kamu takkan sukses! Yuk berubah :)

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tapi masalahnya, kadang-kadang keberhasilan itu sulit banget kamu dapatkan karena ada sesuatu yang salah dengan dirimu sendiri....

9 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Menentukan Kepri

Ketika bertemu seseorang pertama kali, kita akan melakukan pengamatan untuk menentukan karakternya. Tidak hanya dalam interview kerja, ketika bertemu teman baru pun kita ...

7 Hal Penting Ini Dilewatkan Orang yang Bangun

Bangun pagi sesungguhnya sangat menyenangkan. Apalagi adanya slogan “Yuk bangun pagi biar rezeki tidak dipatok ayam”. Meski begitu, sebenarnya bangun pagi itu...

Masih banyak orang percaya pada ilmu semu

Walaupun teknologi terutama teknologi informasi sudah demikian pesat dan jutaan masyarakat Indonesiapun sudah memiliki akun Facebook ataupun Twitter atau sudah banyak mas...

Jangan Biarkan Kesal Setitik Merusak Harimu yan

Pernah tidak, merasa kesal karena suatu hal yang sebenarnya sepele, lalu terlarut berjam-jam sepanjang hari? Dari pagi hari saat baru bangun tidur, lalu terbawa sampai t...

15 Tanda Kamu Seorang Ambivert: Pemalu Tapi Jug

Orang-orang sering menganggapmu sebagai ekstrovert karena kamu suka menjadi pusat perhatian tapi di sisi lain, kamu suka menyendiri di rumah dan baca buku serta menjauh d...

Prinsip Hidup yang Harusnya Gak Kamu Pegang Lag

Namanya juga manusia, tentu kamu memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk dan prinsip hidup yang salah. Tapi setiap orang pasti punya kesempatan untuk menjadi lebih baik. Salah...

Apa faktor pembentuk kepribadianmu?

Anda mungkin sering mendengar kepribadian, namun belum memahami secara pasti apa itu arti kepribadian. Pengertian kepribadian sendiri sebenarnya cukup luas dan mencakup b...

Mimpi Buruk

Mimpi buruk merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang diliputi oleh perasaan cemas, tertekan, takut, bahkan teror yang kuat saat dia tidur. Kondisi ini biasanya terjad...

7 Alasan kamu harus keluar negeri !

Pernah tidak kamu terpikir untuk tinggal di luar negeri? Tidak hanya untuk sekedar travelling atau jalan-jalan saja, tapi benar-benar tinggal selama beberapa waktu yang c...

Pentingnya membuat tujuan hidup !

Kehidupan memang menyimpan banyak misteri. Itulah kenapa banyak sekali manusia yang memilih menjalani hidup dengan spontan. Artinya, mereka membiarkan kehidupan mengalir ...

Tanda kamu tidak menghargai diri sendiri

Mencintai diri sendiri adalah sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan agar hidupmu bahagia. Namun sayangnya hal itu tidak bisa kamu lakukan jika tidak mempunyai kepercay...

Warna Lipstick dan kepribadianmu

Menurut ilmu psikologi, setiap orang memiliki beberapa warna kesukaan dan terkadang berubah-ubah. Hal ini menunjukkan bahwa warna memiliki kaitan dengan emosi seseorang. ...

Kenapa waktu berjalan begitu cepat?

Ketika kita masih anak-anak, rasanya liburan sekolah itu lamanya bukan main dan menanti hari ulang tahun itu rasanya lama sekali demi dapat kado yang paling diinginkan. J...

Mengapa kita percaya zodiak?

Sebagian besar dari kita banyak yang masih percaya ramalan nasib dan peruntungan kita pada apa kata ramalan bintang. Kalau ditanya, “Kenapa sih kamu kok percaya sam...

10 trik sederhana cara refresh otak

Jenuh dengan aktivitas yang sama setiap hari dapat menimbulkan kebosananan dan melemahnya daya konsentrasi. Selain itu, penelitian  ilmiah menunjukkan, otak orang dewasa...

Pilihan Kursi di Bioskop Bisa Tunjukkan Kepriba

Kepribadian ternyata bukan hanya bisa dilihat dari warna, bentuk wajah atau perilaku, tapi psikolog Jepang baru-baru ini mengungkapkan kepribadian seseorang berdasarkan p...

Boros? Coba cek zodiakmu !

Rasi bintang kelahiran atau zodiak dapat mengatakan banyak hal pada diri kita. Mulai dari peruntungan rezeki, jodoh, kesehatan, dan sebagainya. Ada yang mempercayainya se...

7 psikodinamika symptom

Sigmund Freud (1856-1939) Sigmund Freud menggunakan istilah mekanisme pertahanan diri (Defence Mechanisms) untuk menunjukkan proses tdak sadar yang melindungi si indivi...

Hal yang harus dilakukan ketika gagal

Kegagalan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup. Ia seperti sisi belakang mata uang, selalu mengikuti ke manapun perjalanan mengantarkan. Namun, tidak banyak or...

Waspadai Pelecehan Psikologis

Berbagai aspek harus diperhatikan pada saat tumbuh kembang anak. Orang tua harus memahami sisi psikologi anak usia dini agar pertumbuhan anak maksimal. Salah satunya tent...

Euforia

Kata Euforia berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “power of enduring easily, fertility.” Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka akan berbunyi “kekuat...

Sibuk vs Produktif

Terlalu banyak yang ingin dikerjakan, tidak fokus, merasa serba bisa de-el-el.. ujungnya waktu berantakan namun penghasilan tak juga naik signifikan (cuih!). Yuk disim...

Media sosial & dampaknya

Keberadaan sosial media tidak bisa di pungkiri lagi. Semakin menjamurnya di masyarakat telah membawa pengaruh yang tidak baik, bahkan terutama bagi anak-anak yang sudah m...

Pandangan Psikologi tentang LGBT

Keberadaan LGBT masih mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Alasannya jelas, perilaku mereka bertentangan dengan nilai agama dan budaya di Indonesia. Lalu, se...

Psiko-forensik

Seseorang yang melakukan pelanggaran harus mengikuti proses hukum. Nah, saat proses hukum inilah psikologi forensik ini berperan. Slamet & Markam (2003) mengatakan ba...

Kebiasaan yang perlu ditiru !

Seorang penulis, Thomas Corley mengadakan penelitian tentang kebiasaan sehari-hari dari orang kaya dan orang miskin. Berdasarkan 233 responden dari orang kaya dan 128 dar...

Menjadi pribadi yang mengesankan

Jujur, pernah nggak punya keinginan membuat orang lain terkesan sama kamu? Setiap orang butuh untuk diakui, jadi wajar aja sebenarnya untuk merasakan keinginan mengesanka...

Positive Mind

Pengertian Berpikir Positif Banyak yang sering mendengar kata berpikiran positif, namun banyak yang tidak tahu apa itu berpikir positif. Berpikir positif adalah menyuruh ...

Bagaimana cara meminta maaf?

Meminta maaf memang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian besar orang. Terkadang orang merasa sangat menyesal atas apa yang telah dilakukan terhadap orang lain, namun sul...

Posesif?

Posesif memang bisa dikatakan sebagai perwujudan dari kesetian dan pembuktian rasa cinta yang besar. Namun faktanya ada banyak orang yang terganggu dengan sikat posesif i...