Skip to Content

Categories: Education & Tips, Kegiatan Komunitas

Film psikologi

Film berbau psikologi menjadi genre yang difavoritkan karena terkadang mengandung misteri dan menghasilkan akhir yang mengejutkan.

Di bawah ini adalah daftar film psikologi terbaik di dunia:

1. Beautiful Mind

Merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang matematikawan, John Nash yang mengidap skizofrenia akut. John Nash merupakan peraih nobel dalam bidang ekonomi pada tahun 1994. Dia adalah seorang jenis yang penyendiri dan apatis. Film ini diawali dengan John yang bersekolah di Princeton dan mendapat beasiswa di Carniege. Ia adalah mahasiswa yang aneh karena sering membolos kelas dan lebih senang belajar sendiri.

Suatu saat hidupnya berubah ketika direkrut Pentagon untuk memecahkan kode rahasia yang dikirim Soviet. Saat itulah ia kesulitan membedakan mana yang nyata dan mana yang khayalan hingga membuatnya depresi berat.

2. The Aviator

Film ini diangkat dari kisah nyata Howard Hughes yang merupakan pengusaha sukses asal Texas. Ia adalah seorang sutradara sukses yang menghasilkan film-film luar biasa yang memiliki biaya produksi tinggi. Meski terlihat sempurna dan sangat mendedikasikan dirinya untuk film, sebenarnya Howard berjuang keras untuk melawan obsessive compulsive disorder yang ia alami. Ia adalah seorang playboy, mampu mengikat banyak wanita, namun juga setelahnya dimusuhi oleh wanita-wanita itu.
Ketika penyakitnya kumat ia akan menyendiri. Dan terkadang mencuci tangannya hingga berdarah.

3. Black Swan

Black Swan merupakan film berbau psikologi yang mengantarkan Natalie Portman, tokoh utamanya meraih Oscar. Tokoh utama bernama Nina, menderita Impulsive Disorder yang membuatnya menjadi sering berkhayal dan tidak percaya dengan siapapun. Hal ini karena ia dibesarkan oleh ibu yang overprotective serta ambisius yang ingin anaknya berhasil menjadi ballerina sukses. Ibu Nina dulu ingin menjadi pebalet sukses, namun gagal. Sampai akhirnya Nina berhasil mendapatkan peran utama di pertunjukan balet dan dia harus memerankan dua karakter berbeda. Ia sulit memerankan karakter Black Swan sehingga mulai parno jika ada orang yang merebut perannya itu.

 4. Matchstick Men

Film ini berkisah tentang Roy dan Frank, sepasang rekan penipu yang berhasil menipu banyak orang untuk mencari uang. Di sini mereka mampu mendapatkan uang banyak hingga Roy memiliki rumah yang cukup besar. Roy sendiri memiliki obsessive compulsive disorder, terlalu berlebihan memperhatikan kebersihan. Sampai ada orang yang lupa tidak membuka sepatunya di rumah, ia jadi stres. Pernah ia membersihkan seluruh rumahnya hanya karena ia sedang depresi. Hingga suatu hari, Angela, anak Roy memutuskan tinggal bersamanya dan ikut ke dalam pekerjaan tipu-menipu Roy. Ia pun terkena masalah besar di sana.

 5. Fight Club

Film ini mengisahkan tentang Narator yang memiliki penyakit insomnia. Karena ia tidak bisa tidur di malam hari, ia pun memutuskan ikut klub bermasalah. Lalu ia bertemu denga Tyler yang menjadi teman mengobrolnya. Ia dan Tyler lalu mendirikan Fight Club. Fight Club lalu sangat terkenal dan memiliki anggota di seluruh wilayah Amerika Serikat. Masalah timbul ketika klub tersebut mulai membuat onar di kota-kota besar.

There are 1 comment

  1. Mohammad Diza -

    Coba Nonton Liar Game (Drama dan Movie Jepang)
    Genre : Psikologi, Strategy
    sinopsys :
    ada sebuah permainan yang menguji mental para pemain karena dalam permainan ini banyak sekali kebohongan dan pengkhianatan yang dilakukan para pemaiannya. jika kalah pemain akan menagih hutang uang yang banyak, jika menang pemain akan mendapat uang yang banyak.
    banyak sekali karakter serta kepribadian dari para pemain, namun ada 1 pemain yang memiliki sifat yg unik yakni sifat yg sangat jujur dan peduli terhadap sesama. Dengan dibantu seorang lulusan psikologi yg menjadi penipu ulung bagaimana kah keduanya menjalani ujian yg sangat berat ?

    5 Oktober, 2016 at 4:16 PM

*required

*required - (will not be shared)

By submitting a comment you grant PsikologID a perpetual license to reproduce your words and name/web site in attribution. Inappropriate and irrelevant comments will be removed at an admin’s discretion. Your email is used for verification purposes only, it will never be shared.