Skip to Content

Categories: Education & Tips

Pentingnya menjaga penampilan

Maka dari itu baik dalam bidang rumah tangga, pekerjaan/karir, kehidupan sosial, atau bahkan mencari jodoh, Anda akan selalu dinilai berdasarkan penampilan Anda. Kita memang dibesarkan agar tidak menilai buku dari sampulnya, namun jujur saja itu nasihat yang sangat tidak praktis karena hanya bisa dilakukan oleh orang yang telah mendapat kesempatan untuk mengenal Anda secara pribadi.
Banyak orang berkata “Don’t judge the book by its cover”, namun kenyataan hidup yang kita hadapi selalu kita akan menilai dan berpendapat berdasarkan apa yang kita lihat.

images

1. Menciptakan kesan pertama yang positif
Dengan tetap berpenampilan terbaik, Anda dapat menjadi pribadi yang menarik. Anda juga pasti sudah menyadari bahwa begitu pentingnya momen kesan pertama dalam hal apapun. Tidak hanya dari sikap, tetapi juga tentunya penampilan Anda.
Sudah menjadi sifat manusia bahwa mereka suka menilai orang berdasarkan apa yang mereka lihat. Manusia cenderung merumuskan pendapat awal tentang seseorang bahkan sebelum mereka benar-benar berbincang-bincang bersama. Hal tersebut menandakan bahwa pakaian yang Anda kenakan akan memiliki efek langsung pada asumsi setiap orang tentang Anda.

2. Pakaian dapat meningkatkan status sosial di lingkungan Anda
Pakaian yang Anda kenakan dapat membantu meningkatkan reaksi orang terhadap Anda. Lingkungan sosial adalah suatu hal yang pada dasarnya sangat erat kaitannya dengan masalah visual. Seseoarang yang berpakaian baik biasanya akan lebih mengalami perlakuan yang lebih baik ketimbang seseorang yang berpenampilan biasa saja. Tidak peduli orang tersebut siapa dan apa jabatannya.
Pakaian yang Anda kenakan dapat menunjukkan karakter Anda di mata para orang-orang asing yang belum mengenal Anda lebih dalam pada suatu lingkungan sosial.Karena dalam lingkungan sosial dengan banyak orang asing di dalamnya, mereka tidak bisa menilai Anda lebih dalam sebelum berinteraksi kecuali dari penampilan Anda.

3. Berpenampilan terbaik membantu meningkatkan rasa percaya diri
Tidak sedikit buku-buku motivasi atau self help yang mengatakan untuk tetap memperhatikan dan“take control” atas penampilan diri sendiri. Hal tersebut memang terbukti bagi kita yang tadinya memiliki rasa minder atau kurang percaya diri, setelah mencoba untuk memperbaiki penampilan, akan muncul suatu motivasi baru dan rasa peraya diri yang luar biasa.
Kendala umum yang biasa terjadi adalah, kebanyakan pria masih belum percaya diri dengan apa yang dikenakan, masih ragu apakah pakaian tersebut cocok dengan badannya.
Tips nya adalah terus mencoba, “try it on, “trial and error” untuk mencari pakaian yang cocok. Jangan terlalu mengandalkan trend terlebih dahulu. Carilah pakaian yang nyaman dan pas. Ketika sudah nyaman, Anda merasa percaya diri yang akan mempengaruhi tingkah laku Anda nantinya.

images (2)
Tulisan ini tidak menuntun Anda bagaimana menjadi seseorang yang sok fashionable, karena mengutip Quentin Crisp, “Fashion is what you adopt when you don’t know who you are.” Tulisan ini juga tidak untuk mengubah Anda untuk menjadi seorang metroseksual, apalagi fashionista. Saya hanya mengajak Anda untuk memperlebar glosifikasi dan mindset Anda tentang pentingnya menjaga penampilan dengan baik.

Sumber : Hitmansystem , penampilanitupenting

No comments yet. You should be kind and add one!

*required

*required - (will not be shared)

By submitting a comment you grant PsikologID a perpetual license to reproduce your words and name/web site in attribution. Inappropriate and irrelevant comments will be removed at an admin’s discretion. Your email is used for verification purposes only, it will never be shared.