Skip to Content

Categories: Education & Tips, Psikologi Populer

Pemalas? Coba cara ini

Kata malas memang kedengarannya sepele. Bahkan banyak sekali orang yang dengan tegasnya mengatakan bahwa menghilangkan rasa malas pada diri mereka sangatlah mudah. Namun, nyatanya tidak sesederhana itu. Malas adalah sifat buruk pada seseorang yang jika dibiarkan saja akan menjadi kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan. Umumnya, orang yang ingin mengusir rasa malas pada diri mereka harus berusaha keras untuk keluuar dari zona aman mereka. Dan ingat, sobat, itu sangatlah tidak mudah. Yuk, mari kita simak beberapa tips dan triks melepaskan rasa malas yang sangat pekat melekat pada pribadi kita.

 malas

  1. Menciptakan rasa urgensi

Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengalahkan kemalasan. Jika Anda memiliki rasa urgensi, maka akan lebih mudah untuk bangun dan melakukan apa yang perlu Anda lakukan. Salah satu cara untuk menciptakan rasa urgensi adalah dengan menetapkan tenggat waktu.

  1. Melihat kemajuan orang lain

Mengetahui seberapa jauh anda di belakang dibandingkan dengan orang lain juga bisa memotivasi anda. Lihatlah hal-hal baik pada orang lain tersebut, pada area mana bisa anda perbaiki, dan biarkan mereka menginspirasi anda.

  1. Tetapkan batas waktu minimum untuk memulai

Hal yang paling sulit adalah untuk memulai – sisanya akan lebih mudah. Jadi tetapkan sedikit waktu, seperti 15 menit atau bahkan 5 menit, dan mulailah mengerjakan tugas sampai waktunya habis. Setelah itu, akan lebih mudah memutuskan untuk melanjutkan.

  1. Lihatlah pada manfaat

Salah satu alasan kita menjadi malas karena kita hanya melihat kesulitan dari tugas ke depan tanpa memikirkan manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menyelesaikannya. Jadi fokuskan pikiran anda pada manfaat bukan kesulitan.

  1. Menetapkan hadiah untuk diri sendiri

Jika manfaat terlalu jauh dicapai di masa depan, maka mungkin tidak cukup kuat untuk memotivasi anda untuk bertindak sekarang. Dalam kasus tersebut, anda dapat memberikan diri anda hadiah lebih cepat. Anda mungkin membiarkan diri anda untuk makan makanan favorit anda atau menonton bioskop sebagai hadiah anda telah menyelesaikan tugas.

  1. Pikirkan tentang apa yang akan terjadi jika Anda tidak melakukannya

Sementara berpikir tentang manfaat yang dapat memotivasi Anda, pikirkan juga tentang kerugian jika anda tidak melakukan tugas-tugas tersebut. Apa konsekuensi jika anda tidak melakukan apa yang seharusnya anda lakukan?

  1. Cari partner

Partner dapat memotivasi Anda untuk mengatasi kemalasan. Meskipun motivasi dari dalam diri adalah yang terbaik, kadang-kadang kita juga perlu motivasi dari luar.

23041515400_715f9731fe

Rasa malas tidak hanya menghalangi Anda dalam hal mengejar kesuksesan. Tapi hampir semua kegiatan yang positif selalu di hambat oleh rasa malas yang ada pada diri Anda. Biasanya orang-orang yang sukses dalam bidang yang ditekuninnya tidak pernah berhenti mencoba dan selalu berusaha untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapinya sehingga bisa bersemangat dalam menjalankan aktivitas harian.

Sumber : akuinginsukses , begitu.com , saungpreneur

No comments yet. You should be kind and add one!

*required

*required - (will not be shared)

By submitting a comment you grant PsikologID a perpetual license to reproduce your words and name/web site in attribution. Inappropriate and irrelevant comments will be removed at an admin’s discretion. Your email is used for verification purposes only, it will never be shared.